header blog terbaru

Belajar Beragam Kisah Persalinan dari Buku Detik dan Detak

Posting Komentar
buku detik dan detak
Pengalaman hamil pertama kali di tengah pandemi, membuat saya overthinking. Belum lagi kondisi di awal kehamilan yang sempat didiagnosa ancaman keguguran, berhasil melipat gandakan kekhawatiran saya.

Beruntungnya, saya bergabung dengan komunitas Shalihah Motherhood yang secara produktif menjadi support system bagi para perempuan, khususnya para ibu. Entah itu dalam pengasuhan, kehidupan sehari-hari, berbagi pengalaman hidup, hingga soal persalinan.

Di kesempatan kali ini, saya akan mengulas tentang buku Detik dan Detak yang ditulis oleh para perempuan hebat anggota Komunitas Shalihah Motherhood. Buku ini berisikan berbagai kisah persalinan yang akan menguatkan perjuangan perempuan lainnya yang hendak melahirkan.

Informasi Buku

Buku Detik dan Detak hadir sebagai bentuk reborn dari buku pertama Komunitas Shalihah Motherhood yang berjudul Love Stories of Birthing. Merangkum kisah-kisah inspiratif selama menjalani proses menjelang hingga pasca persalinan beberapa anggotanya.

Identitas Buku

Judul: Detik dan Detak Sebuah Catatan Kisah Persalinan
Penulis: Komunitas Shalihah Motherhood
Penyunting: Diajeng Sekar & Nuraini Septianti
Cover: Ihsan Media
Penata Letak: Tim Ihsan Media
Cetakan: Ke-1 (Februari 2021)
Penerbit: Ihsan Media Penerbit
Jumlah halaman: 240 halaman

Isi Buku

Buku yang tampak manis bersampul warna peach dengan gambar ibu memeluk bayinya di kelilingi tanaman bunga ini, terdiri dari beberapa bagian berikut:

1. Special Gift

Berisi kalimat persembahan bagi dua orang anggota Komunitas Shalihah Motherhood yang wafat ketika berjuang melahirkan anak-anaknya. Bagian ini sekaligus untuk mengenang betapa besar perjuangan dan pengorbanan seorang ibu.

2. Ucapan Terima Kasih

Bagian ini berisikan ucapan terima kasih yang diwakili oleh Mbak Mega Dewana Putri selaku Founder Komunitas Shalihah Motherhood kepada berbagai pihak yang terlibat dalam penerbitan buku Detik dan Detak.

Sekaligus, berisi penjelasan singkat atas terbitnya Detik dan Detak yang diambil dari salah satu judul kisah persalinan, dan merupakan reborn dari buku sebelumnya. Dengan penambahan materi dan kisah yang berbeda, buku ini hadir sebagai warna dan napas baru.

3. Pengantar oleh Dr. Netty Prasetyani, M.Si.

Pengantar yang pertama disampaikan oleh Dr. Netty Prasetyani, M. Si. yang merupakan anggota DPR RI sekaligus pemerhati perempuan. Beliau mengawali sambutannya dengan menekankan bahwa kehamilan hingga persalinan bukan sekedar proses menambah jumlah manusia di Bumi, melainkan juga menanamkan akar ilahiyah pada setiap janin yang akan lahir.

Beliau juga menyoroti angka kematian ibu di Indonesia yang masih cukup tinggi. Angka kematian ini didominasi oleh komplikasi saat kehamilan atau persalinan yang tidak ditangani dengan baik.

Beliau juga menyampaikan harapan melalui Buku Detik dan Detak ini menjadi pelajaran dan inspirasi bagi siapa saja. Tidak sebatas untuk perempuan, namun siapa saja agar lebih peduli dengan keselamatan para perempuan ketika menjalani proses kehamilan hingga persalinan.

4. Pengantar Penerbit

Pengantar dari penerbit lebih pada mengapresiasi Buku Detik dan Detak sebagai kumpulan kisah pengalaman dalam persalinan. Karena berangkat dari perjuangan nyata, harapannya buku ini mampu memberi kesan yang mendalam bagi para pembacanya.

5. 19 Kisah Inspirasi

Pada bagian ini berisi 19 kisah proses persalinan yang setiap kisahnya tak hanya bercerita tentang proses persalinan. Namun juga kejadian-kejadian yang mengawalinya, termasuk berbagai kejadian tak terduga.

Tidak hanya itu, pembaca juga akan dibawa untuk menyelami setiap perasaan yang hadir ketika menyambut persalinan. Antara takut, pasrah, penuh harap, hingga memunculkan keberanian yang luar biasa sebagai bentuk kekuatan seorang ibu.

6. A-Z Tentang Persalinan

Selain tentang kisah persalinan, dalam buku ini juga dilengkapi dengan seputar informasi seputar persalinan. Seperti amaln ibu menjelang persalinan, persiapan dan perlengkapan yang harus dilakukan, tanda-tanda persalinan termasuk tanda bahaya itu seperti apa, hingga membahas seputar baby blues, mitos dan fakta setelah melahirkan, asupan yang diperlukan ibu pasca melahirkan, dan fiqh nifas.

7. Daftar Istilah

Untuk lebih memudahkan membaca, dalam buku ini juga dilengkapi dengan daftar istilah baik medis maupun non medis dalam bentuk tabel sesuai urutan abjad.

8. Profil Shalihah Motherhood

Sebagai komunitas yang berkomitmen mendukung peran para ibu, dalam buku yang ditulis oleh para anggotanya ini, Shalihah Motherhood juga membagikan profil komunitas, kepengurusan, hingga jejak-jejak karya yang telah lahir dari anggotanya.

Review Buku Detik dan Detak

quote dari buku detik dan detak
Membaca Buku Detik dan Detak ketika melewati masa kehamilan, membuat saya banyak merenung dan bersyukur. Merenungkan betapa setiap kelahiran akan memiliki kisah persalinan tersendiri, dan bersyukur karena buku ini hadir mengikis banyak kekhawatiran menyambut kelahiran anak pertama.

Namun, dari buku ini pula saya mengenang kepergian dua orang sahabat satu komunitas saya. Meski belum pernah bertemu langsung, tapi interaksi di grup maupun japri, menghadirkan kedekatan tersendiri. Kehilangan tetaplah kehilangan, sekalipun tak pernah bertatap muka.

Kepergian dua orang sahabat ini sama-sama ketika menjelang persalinan, tepat beberapa bulan sebelum buku dari komunitas yang saya ikuti ini launching. Tentu, secara tidak langsung ketika membuka buku Detik dan Detak, akan teringat pada mereka berdua.

Tapi, dari buku ini pula saya mendapat banyak kekuatan. Terdapat 19 kisah persalinan yang setiap kalimatnya mampu membuat saya tertegun, haru, sekaligus bangga pada setiap perjuangan seorang ibu untuk mewujudkan kehadiran anggota baru di keluarga.

Baik persalinan spontan atau dengan operasi caesar, setiap ibu telah berjuang mempertaruhkan nyawanya. Mereka tengah berjihad demi kelahiran sang buah hati yang diidam-idamkan.

Ada kisah persalinan anak pertama, ada pula anak kesekian. Ada yang harus menunggu kontraksi demi kontraksi selama berhari-hari, ada pula yang jarak antar kontraksi begitu cepat.

Ada yang lahir sesuai dengan tanggal yang direncanakan. Namun tidak sedikit pula yang meleset lebih awal ataupun lebih lambat.

Tidak cukup sampai disitu, ada yang lahir ditemani oleh sang suami, ada pula yang terpaksa tanpa didampingi pasangan karena terpisah jarak. Bahkan, ada pula yang nyaris melahirkan di Stasiun.

Setiap cerita kelahiran begitu unik. Membekas layaknya bagian kisah kehidupan manusia di fase usia berapapun. Buku ini layak dibaca oleh siapapun. Tidak hanya bagi perempuan atau calon ibu.

Setiap kisah yang meski ditulis dengan cukup singkat, tapi mampu memberi gambaran perjuangan seorang ibu dalam memperjuangkan kehadiran buah hatinya. Pembaca akan dibawa untuk menyelami setiap rasa sakit, kekhawatiran, juga kepasrahan dari masing-masing penulis.

Penutup

Perjuangan setiap ibu ketika melahirkan anaknya, selalu menghadirkan kisah tersendiri. Mulai dari masa kehamilan yang penuh tantangan, hingga persalinan yang tak kalah mendebarkan menjadi fase awal kehidupan seseorang dimulai.

Untuk semakin menghargai kehadiran dan perjuangan seorang ibu sekaligus mengenang cerita cinta perjuangan melahirkan, buku Detik dan Detak hadir sebagai kumpulan kisah persalinan. Buku ini mewakili sekelumit kisah yang layak dibaca oleh siapa saja.

Related Posts

Posting Komentar