header blog terbaru

Omah Syu-Syu, Tempat Makan Enak di Wonosobo Dengan Nuansa Jadul

Posting Komentar
review omah syu-syu
Berburu kuliner menjadi salah satu agenda penting bagi sebagian orang. Tidak terkecuali bagi keluarga kecil kami yang merasa sangat beruntung bertemu Omah Syu-Syu diperburuan kuliner.

Memiliki anak usia toddler yang sedang gemar eksplorasi banyak hal, termasuk makanan, membuat kami lebih selektif dan hati-hati dalam menentukan tempat makan. Bukan hanya soal menu yang ditawarkan, namun juga lokasi yang nyaman bagi si kecil.

Omah Syu-Syu yang memang tak jauh dari rumah kami, menjadi destinasi pilihan. Ada beberapa keistimewaan yang ditawarkan, sehingga layak direkomendasikan sebagai tempat makan di Wonosobo yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Alasan Memilih Omah Syu-Syu

suasana di omah syu-syu
Omah Syu-Syu, dari namanya saja kita bisa menebak apa yang ditonjolkan oleh tempat makan satu ini. Omah, yang berarti rumah. Dan juga Syu-Syu, sebagai bentuk ejaan yang menegaskan atau lebih terkesan biar unyu-unyu untuk menyebut ‘susu’.

Tempat makan satu ini memang mengunggulkan produk olahan susu dari peternak lokal. Selain diolah sebagai minuman, susu juga dibuat yogurt hingga berbagai macam rasa es krim.

Selain itu, dengan desain yang menghadirkan suasana jadul, pengunjung akan dibawa pada nuansa seperti kembali berkunjung ke rumah nenek. Bangunan Joglo Jawa dan terbuat dari kayu, seolah menggambarkan kehangatan dalam bersantap hidangan.

Begitu memarkirkan kendaraan dan memasuki halaman, kita akan disambut dengan teras yang mengingatkan pada masa kecil dahulu. Ada kursi anyam jadul, kemudian pintu kayu yang jika terbuka lebar akan memperlihatkan interior khas ruang tamu ala rumah-rumah di Jawa.

Tak hanya itu, beberapa hal berikut menjadi alasan untuk menjatuhkan Omah Syu-Syu sebagai rekomendasi tempat makan enak di Wonosobo.

1. Terjamin Halal

Kehalalan bahan pangan, proses pengolahan dan penyimpanan, hingga penyajiannya menjadi hal utama yang tidak boleh diabaikan. Terlebih lagi jika menerapkan gaya hidup halal.

Omah Syu-Syu yang menawarkan berbagai sajian es krim sebagai produk unggulannya, sudah memastikan kehalalan setiap bahan baku, proses, penyimpanan, dan penyajiannya. Begitu pula dengan menu-menu lainnya. Mulai dari minuman, cemilan, hingga makanan berat.

Dengan status halal yang jelas, tentu Omah Syu-Syu patut dipertimbangkan sebagai salah satu alternatif destinasi wisata kuliner halal di Wonosobo. Terlebih lagi, dengan mengangkat produk susu dari peternak sapi lokal.

2. Lokasi strategis

Terletak di jalan alternatif dari Kertek menuju arah Selomerto, Banjarnegara, atau Purwokerto. Tepatnya, melewati selatan Pasar Tradisional Kertek, dan cukup mengikuti jalan utama Kertek-Selomerto, sekitar 5 km dari Pasar Kertek.

Alamat lengkapnya di Semayugunung, Semayu, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Berada di tengah kawasan perkampungan yang masih banyak dikelilingi sawah, namun juga bisa tetap menikmati keindahan Gunung Sumbing.

Dengan lokasi ini, Omah Syu-Syu bisa dijadikan tujuan kuliner yang tidak melulu berada di wilayah Wonosobo kota maupun arah wisata Dieng. Kita bisa menikmati sisi lain pedesaan di Wonosobo tanpa menghilangkan cita rasa suasana pegunungan.

3. Tempat yang nyaman

Selain lokasi yang strategis, Omah Syu-Syu juga menawarkan tempat yang nyaman bagi pengunjungnya. Suasana rumah kayu yang terawat dan relatif luas, akan cukup memanjakan pengunjung. Terlebih jika bersama keluarga besar atau rekan kerja.

Tak hanya itu, kita bisa bebas memilih tempat duduk. Bisa lesehan dengan menghadap sawah, sungai, atau pemandangan gunung. Atau bisa juga duduk di kursi kayu panjang khas rumah-rumah pada zaman dahulu.

4. Menu yang beragam

Tidak hanya menawarkan berbagai menu olahan susu, tempat ini juga menyediakan berbagai macam minuman, cemilan, dan makan berat. Salah satu yang patut dicoba adalah kopi dari petani lokal, baik arabika maupun robusta.

Selain aneka susu dengan beragam essens, syrup, dan rempah, ada pula premium shake yang semuanya dari bahan alami. Mulai dari strawberry homemade shake, salted caramel shake, milkshake kurma sukkary, atau yang mau mencoba carica homemade shake juga ada.

Varian rasa dan ukuran es krim susu yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari cup kecil hingga besar. Tersedia pula aneka yogurt yang bisa dibeli ecer atau perpack.

Menu cemilan sendiri juga tersedia cukup beragam. Ada menu cemilan tradisional seperti tempe kemul dan tahu, ada pula pizza dengan mozarella dari susu produksi sendiri. Tidak ketinggalan pula kebab dan pisang tabur keju yang bisa dinikmati bersama es krim.

Untuk menu makan berat, cukup banyak pilihan. Mulai dari aneka olahan ayam, nila, soto, hingga mie gluten free. Tersedia pula nasi box dengan pilihan nila goreng, gudeg ayam, dan gudeg telur.

Salah satu hal yang menarik lagi dari Omah Syu-Syu, pengunjung dibebaskan mengambil aneka sambal dan lalapan yang telah disediakan. Untuk air putih juga disedikan dalam wadah kendi, sehingga pengunjung betul-betul bisa merasakan nuansa makan ala zaman dahulu.

5. Harga terjangkau

Dengan variasi menu makanan, cemilan, dan minuman yang cukup beragam, harga yang dibandrolpun bisa dibilang cukup terjangkau. Untuk es krim harga mulai 5000, sementara yogurt ecer dibandrol dengan harga 10000. Aneka minuman mulai dari 6000, sedangkan cemilan dan makanan berat mulai dari harga 8000 dan 10000.

6. Fasilitas pendukung

Selain suasana khas pedesaan dengan sawah, sungai, kolam, dan gunung serta bangunan kayu khas Jawa, daya tarik Omah Syu-Syu juga menyediakan beragam permainan anak tradisional. Seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, juga aneka puzzle dari kayu. Bisa dibilang, menu yang ada pun banyak yang ramah anak.

Tidak cukup sampai disitu. Fasilitas pendukung lainnya seperti parkiran pun juga cukup luas. Untuk parkiran motor berada di halaman depan, sedangkan parkiran mobil berada di halaman samping.

Disediakan pula mushola yang cukup luas dan nyaman yang berada di bagian bawah tempat makan. Untuk tempat sholat pegawai dan pengunjung juga tersedia terpisah.

Review Omah Syu-Syu: Pengalaman Berkunjung Bersama Si Kecil

beragam menu di omah syu-syu
Membawa toddler yang sedang penasaran dengan cita rasa es krim, Omah Syu-Syu memang menjadi tujuan utama untuk wisata kuliner bagi keluarga kecil kami. Olahan es krim berbahan dasar susu murni, tentu menjadi pilihan aman bagi si kecil.

Selain itu, fasilitas tempat bermain yang ada, menjadi salah satu pertimbanganuntuk berkunjung ke sana. Pastinya, membawa anak kecil yang sedang aktif-aktifnya, butuh ruang untuk memfasilitasi daya eksplorasinya. Salah satunya dengan wahana bermain.

Bisa dibilang, Omah Syu-Syu merupakan tempat makan di Wonosobo yang cukup komplit. Ada menu yang ramah anak, menu tradisional, menu ringan dan berat, hingga menu lidah modern seperti pizza mozarella atau milkshake.

Menu beragam ini pastinya bisa menjadi pilihan yang bisa dikunjungi bersama keluarga dengan beragam rentang usia. Mulai dari anak-anak hingga orang tua sekalipun.

Kesempatan berkunjung kali ini, kami mencoba mencicipi sundae carica, sundae choco oreo, dan milky cone. Untuk makanan cemilan, kami pilih tempe mendoan dengan sambal kecap. Sedangkan menu utama, kami pesan mie des ayam kuah dan ayam crispy mozarella.

Es krip dari susu sapi murni di Omah Syu-Syu memang patut diacungi jempol. Rasa yang lezat dan tekstur yang cenderung ringan, sangat enak untuk dinikmati terutama di siang hari saat cuaca panas. Belum lagi dipadukan dengan aneka rasa, tentu akan lebih memanjakan lidah. Carica sebagai buah khas Wonosobo pun begitu cocok dipadukan dengan sundae yang lembut.

Memesan tempe mendoan, menjadi salah satu menu wajib ketika kulineran. Hal yang membedakan mendoan di sini dengan tempat makan lainnya adalah ukuran yang relatif lebih kecil. Meski demikian, dengan ukuran ini lebih cocok sebagai pendamping es krim agar tidak menimbulkan rasa eneg.

Menu makan utama sengaja kami pilih mie des ayam. Mie dengan tekstur kenyal dan berukuran lebih lebar dari mie biasanya ini, terbuat dari tepung singkong sehingga termasuk menu gluten free. Mie des sendiri tersedia dalam berbagai pilihan level pedas.

Sedangkan ayam crispy mozarella yang saya pesan, juga punya cita rasa yang unik. Hampir tidak seperti ayam crispy kebanyakan. Terutama ketika dicampur dengan mozarella yang dibuat khusus dengan susu sapi murni.

So far, menu-menu di Omah Syu-Syu layak dibilang enak. Hanya saja, pelayanan di sini terbilang cukup lambat. Mulai dari merespon pesanan, menyajikan, hinggu menghitung total harga pesanan.

Meski demikian, karyawan-karyawan yang masih relatif muda, ramah dan berkenan menjawab berbagai pertanyaan pengunjung dengan cukup baik. Mereka mampu menjelaskan dengan cukup detail untuk pertanyaan seputar bahan dan proses pengolahan makanannya.

Yang perlu diperhatikan lagi ketika mengunjungi Omah Syu-Syu, karena terletak di jalan alternatif dan di tengah perkampungan, akan sering mendengar suara bising kendaraan. Terlebih lagi jika memilih tempat duduk yang berada tepat di pinggir jalan.

Di sini juga tidak ada tukang parkir, sehingga bagi kendaraan yang masuk maupun keluar parkiran harap berhati-hati. Terutama karena lalu lalang kendaraan penduduk lokal maupun pengendara yang memilih jalan alternatif yang cukup ramai.

Berkunjung ke Omah Syu-Syu bersama si kecil, nampaknya anak saya begitu menikmati baik hidangan maupun suasana di sini. Pelayanan yang cukup lama terbayar dengan cita rasa makana yang enak. Pun waktu menunggu hidangan, digunakan untuk mencoba berbagai permainan yang disediakan. 

Jadi, anak pun tidak merasa bosan. Saya sebagai orang tua juga berkesempatan untuk melihat lebih detail beberapa ruangan. Sekaligus menikmati pemandangan dan melihat display produk-produk UMKM yang dipajang di ruang utama.

Kulineran bersama keluarga memang menjadi salah satu cara untuk menguatkan bonding antar anggota keluarga. Terlebih jika dibarengi dengan pemilihan tempat makan yang tepat, dengan menu yang tak kalah enak pula.

Salah satu tempat makan di Wonosobo yang patut dipertimbangan untuk kulineran bersama keluarga adalah Omah Syu-Syu. Selain beragam menu yang ditawarkan yang juga sesuai dengan rentang usia anggota keluarga, desain bangunan dengan konsep rumah Joglo akan membawa memori kembali ke masa lampau.

Related Posts

Posting Komentar