header blog terbaru

TK Montessori Islam, Mendukung Pendidikan Holistik Anak Usia Dini

2 komentar

 

memilih pendidikan untuk anak usia dini

“Kebanyakan orang belum menyadari bahwa anak-anak adalah salah satu unsur umat ini. Hanya saja dia bersembunyi di balik tabir kekanak-kanakannya. Apabila kita singkap tabir itu, pasti kita temukan dia berdiri sebagai salah satu tiang penyangga umat ini” (Asy-Syaikh Muhammad al-Khidhr Husain rahimahullah)

Usia dini identik dengan tingkah lucu dan gemas anak-anak. Siapa sangka di usia ini pula menjadi periode emas untuk pembentukan keimanan dan karakter mereka.

Melalui pendidikan islam berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah, bisa menjadi cara orang tua dalam merawat fitrah anak secara holistik. Salah satunya dengan memilih TK Montessori Islam sebagai ruang belajar dan mengoptimalkan tumbuh kembang mereka.

Tanggung Jawab Orang Tua Untuk Pendidikan Anak Usia Dini

tanggung jawab mendidik anak

Orang tua sebagai pendidik utama dan pertama bagi anak, perlu memahami dengan baik terkait perannya. Syaikh Abdullah Nashih Ulwan yang dikenal dengan konsep Tarbiyatul Islamiyah, dalam buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam menjelaskan tanggung jawab orang tua kepada anak, diantaranya:

1. Pendidikan Iman

Orang tua bertugas untuk membimbing anak percaya kepada Allah, menanamkan penghambaan, serta sikap selalu merasa diawasi sebagai dasar peletakan keislaman.

2. Pendidikan Akhlak

Akhlak merupakan buah dari keimanan yang kokoh. Melalui pendidikan akhlak, anak memiliki bekal kuat dengan nilai luhur serta kebiasaan baik untuk menjalani kehidupan.

3. Pendidikan Fisik

Pendidikan fisik dimulai dari mengupayakan rizki yang halal dalam menafkahi, mengikuti pola makan dan hidup yang sehat, merawat diri, hingga mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

4. Pendidikan Intelektual

Selain mendidik, orang tua perlu mengasah daya intuisi dan berpikir sistematis dengan dalil serta pengetahuan yang mendasarinya agar anak mampu memahami dan mengamalkan ilmu yang didapat.

5. Pendidikan Mental

Orang tua bisa memberikan keteladanan dalam kehidupan sehari-hari dan melatih sikap positif pada diri anak, agar mereka memiliki mental dan kepribadian baik.

6. Pendidikan Sosial

Mendidik dengan kasih sayang merupakan bagian pendidikan sosial, agar anak mampu mengembangkan aspek sosial emosional, adab dan etika dalam bergaul.

7. Pendidikan Seksual

Pendidikan seksual bertujuan untuk merawat fitrah identitas. Dimulai dengan menanamkan rasa malu, menjelaskan perbedaan serta batasan laki-laki dan perempuan, serta cara melindungi diri untuk menjaga kehormatan.

Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Mendukung Pendidikan Anak

Setelah mengetahui tanggung jawab yang harus ditunaikan agar fitrah anak tetap terjaga, perlu langkah konkrit bagi orang tua untuk mengoptimalkan tugasnya. Salah satunya dengan memilih sekolah yang tepat bagi anak.

Jika ingin mencari lembaga pendidikan islami dengan kurikulum Al-Qurán dan Sunnah, Albata bisa menjadi pilihan. Berdiri sejak tahun 2019, Albata menawarkan berbagai program kelas yang bisa diikuti mulai dari pra sekolah hingga remaja.

TK Montessori Islam, Pilihan Tepat Untuk Pendidikan Anak Dari Albata

TK Montessori Islami

TK Montessori Islam merupakan satu-satunya jenjang kelas formal dari Albata untuk mendukung pendidikan islam bagi anak usia 3-6 tahun. Dengan menerapkan kurikulum yang sangat komprehensif, terdapat 8 program unggulan yang ditawarkan yaitu:
  • Tauhid - dasar ajaran agama Islam dan inti dari Albata
  • Adab dan akhlak - mengedepankan sopan santun dan berbuat baik
  • Fiqih - mengenalkan hukum dasar islam
  • Tahsin - mengenalkan huruf hijaiyah sekaligus pelafalan yang tepat
  • Tahfidz - membangun generasi islam cinta Al-Qur’an dengan menghafalnya
  • Metode Montessori - mendorong siswa lebih aktif dan kreatif melalui 5 area Montessori, yaitu: practical life, sensorial, language, math, dan culture
  • Trilingual - mempelajari 3 bahasa yaitu, Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris
Proses belajar mengajar juga ditunjang dengan tools Montessori yang lengkap dan dibersamai oleh pengajar terbaik. Tidak hanya itu, dengan pembelajaran fun learning, dalam satu kelas hanya ada 15 murid dengan 2 guru.

Fasilitas TK Montessori Islami

Untuk program dan fasilitas yang beragam ini, biaya yang perlu dipersiapkan di antaranya:
  • Biaya pendaftaran Rp500.000
  • Uang gedung sebesar Rp9.750.000
  • Seragam sekolah Rp800.000
  • Uang bulanan sebesar Rp975.000
Ada program trial juga buat anak minimal usia 3 tahun lho! Yuk, coba ikut kelasnya dengan datang langsung ke lokasi di Babatan B9 No.1, Surabaya.

Bersama Albata, mari kita laksanakan tanggung jawab pendidikan bagi anak. Bukan hanya mencari ilmu pengetahuan dan meningkatkan keterampilan, tapi juga membekali anak dengan keimanan.







Referensi:
  1. Ulwan,Abdullah Nashih. 2002. Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam, Juz 1. Mesir: Darussalam.
  2. albata.com. (2023, 11 Desember). Tumbuh Cerdas dan Berakhlak dengan TK Montessori Islam Albata. Diakses pada 25 Desember 2023 dari https://www.albata.id/tk-montessori-islam/
Terbaru Lebih lama

Related Posts

2 komentar

  1. wah pilihan sekolah zaman sekarang makin banyak ya. tapi ini memadukan metode yg populer zaman now dg yang islami. manteb banget programnya TK Montessori Islam.

    BalasHapus
  2. Pas banget lagi cari referensi sekolah anak setelah sekian waktu homeschooling. Bisa jadi pertimbangan ini.

    BalasHapus

Posting Komentar