header blog terbaru

Pengalaman Mengikuti Blogspedia Coaching dan Tips Lolos Sampai Akhir

4 komentar
pengalaman dan tips mengikuti Blogspedia Coaching
Akhir-akhir ini banyak yang penasaran kok jadi rutin update tulisan di blog? Tak lain dan tak bukan karena sedang mengikuti serangkaian materi di Blogspedia Coaching.

Awal mula tertarik ikut kelas ini gara-gara sering lihat postingan Mbak Hamim dan Naqiibah di instagram yang membagi keseruan belajar ngeblog bersama Blogspedia. Sempat mau ikut 14 Days Blogspedia Challenge biar dapat golden tiket pelatihannya, tapi qadarullah kondisi masih dalam masa pemulihan pasca covid.

Sempat pesimis juga apakah masih bisa ikut dan sudah ada niatan ikut di batch berikutnya. Tapi ternyata masih bisa ikut lewat jalur pendaftaran. Karena sudah ada 32 peraih golden ticket, maka cuma tersisa 18 peserta saja yang bisa lolos.

Sambil izin sama suami, sambil minta doa juga biar lolos. Sebab, setelah sekian lama fokus urus rumah dan bayi, ternyata saya butuh ruang untuk lebih memberdayakan diri.

Blogging inilah salah satu cara yang saya pilih. Sangat bersyukur ketika dipertemukan dengan Blogspedia untuk belajar dari nol.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Blogspedia

mengenal blogspedia
Blogspedia awalnya adalah sebuah blog yang dibuat oleh Mbak Marita Ningtyas untuk berbagi panduan dan serba-serbi tips blogging mudah untuk para pemula. Saat awal dibuatnya blog ini di tahun 2018, dipilih nama ‘Yuk, Ngeblog!’ sebagai sebuah ajakan untuk serius menekuni dunia blogging.

Meski sempat bingung untuk memberi nama yang singkat tapi orang bisa langsung paham dengan maknanya, akhirnya berganti menjadi Blogspedia setelah mendapat ide dari Mbak Lulu Musthofia. Dirasa singkat dan mudah diingat, namun tetap memiliki ruh untuk mengajak para blogger pemula, nama ini akhirnya dipakai sampai saat ini dan sudah cukup terkenal.

Jika dijabarkan, Blogspedia memiliki makna blogs ensiklopedia. Dari penamaannya saja sudah jelas bahwa blog ini diharapkan bisa membantu para pemula yang kesulitan dan bingung mengenai istilah-istilah blogging. Dengan membaca postingan di Blogspedia yang mudah diakses, siapa saja yang kebingungan bisa tercerahkan.

Meski memperkenalkan dirinya sebagai momblogger cupu, tapi ternyata segala informasi yang dibagikan oleh Mbak Marita bisa dibilang sangat detail dan terstruktur dan disampaikan dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami. Tidak mengherankan jika beliau kini kerap diundang sebagai narasumber.

Di Blogspedia, panggilan kesayangan untuk para pembaca blog adalah Cupuers. Dipilih kata ini, selain lucu juga kembali menegaskan bahwa Blogspedia dibuat sebagai panduan bagi para blogger pemula alias blogger yang masih culun punya. Sehingga selalu tersulut semangat belajarnya karena masih merasa cupu, untuk terus berproses menjadi para mastah.

Layanan Jasa di Blogspedia

jasa di blogspedia
Setelah sukses dengan Blogspedia, Mbak Marita juga mengelola beberapa blog lainnya dengan niche yang berbeda. Sejak tahun 2020, sebagai business branding, dipilihlah nama Blogspedia Group yang menaungi beberapa blog dan jasa Blogspedia.

Sebagai bentuk komitmen menjaga profesionalitas di dunia blogging dan membantu orang yang kesulitan mengembangkan blognya maupun bisnis di media online, terdapat jasa Blogspedia yang menyediakan beberapa layanan berikut.

1. Jasa Pembuatan Toko Online Murah Meriah

Bagi yang ingin punya toko online rasa marketplace tapi dana terbatas, bisa memakai jasa Blogspedia. Bisa pilih platform blogspot atau wordpress, dan dijamin sudah SEO friendly untuk memudahkan pencarian di Google.

Fasilitas lain yang didapat bisa memanfaatkan jasa instalasi template yang dilengkapi dengan katalog produk dan order via whatsapp, pembelian domain dotcom selama satu tahun, free 5 artikel SEO, dan lifetime maintenance jika error. Harganya pun dapat disesuaikan.

2. Jasa Install Template Blog

Bagi yang ingin mempercantik tampilan blog tapi gak mau ribet utak-atik, bisa banget menggunakan jasa buat memasang dan mengatur template custom ke blog. Bisa request ganti warna atau font, free header, hingga sekalian pasang Top Level Domain (TLD).

3. Jasa Penulisan Artikel

Hadirnya jasa penulisan artikel dari Blogpedia adalah karena tidak semua orang memiliki cukup waktu dan kemampuan untuk menulis dengan baik. Dari sinilah Blogspedia dengan digawangi oleh tenaga profesional yang memiliki jam terbang tinggi dalam dunia content writer.

Terdapat dua paket yang ditawarkan. Yang pertama paket free order dengan minimal jumlah artikel yang dipesan ada 10, bisa dalam bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Yang kedua paket hemat, dengan minimal artikel berjumlah 5 perhari dengan durasi kontrak kerja tertentu.

4. Blogspedia Coaching

Blogspedia Coaching adalah salah satu layanan yang ada di Blogspedia, yaitu kelas ngeblog gratis yang digelar setahun sekali. Pelaksaaan tiap tahunnya bisa berubah-ubah, menyesuaikan waktu dari momblogger Cupu.

Coaching ini bermula dari rasa syukur momblogger cupu yang telah dipertemukan dengan para guru ngeblog yang luar biasa. Dari sanalah, Mbak Marita menyadari bahwa ngeblog butuh berjamaah, terutama bagi para Cupuers yang baru mulai belajar ngeblog.

Diutamakan bagi para newbie, meskipun gratis namun materi di Blogspedia Caoching ini sangat lengkap dan terstruktur. Mulai dari penguatan niat dan alasan ngeblog, pembuatan blog dan merubah tampilannya, hingga seputar tips mendapatkan pekerjaan dari blog.

Jadi memang tidak hanya tentang cara menjadi blogger pemula, namun peserta coaching selalu diingatkan dengan bagaimana proses blogging itu bisa terus untuk menebar manfaat. Hingga sampai tahun ini, sudah terselenggara 3 kali coaching, dan telah melahirkan para blogger yang tulisannya banyak nangkring di halaman pertama hasil pencarian.

Pengalaman Mengikuti Blogspedia Coaching

pengalaman mengikuti blogspedia coaching
Sebagaimana yang sudah saya sampaikan di awal tulisan ini, bahwa saya butuh ruang untuk bertumbuh, dan merasa ngeblog sebagai salah satu cara yang tepat, dipertemukan dengan Blogspedia Coaching ibarat jodoh yang tak disangka-sangka.

Sebagai seorang ibu, awalnya saya selalu berpikir bahwa tumbuh kembang anak adalah yang utama. Hingga saya menyadari bahwa saya pun perlu untuk bertumbuh dan berkembang agar bisa terus mengikuti perubahan zaman dalam membersamai anak-anak.

Agar dalam situasi apapun, kelak tetap bisa menjadi partner belajar dan diskusi yang asyik bagi anak-anak dan suami. Justru karena saya di rumah saja, maka perlu memikirkan cara agar bisa mendidik diri sendiri dan berkembang tanpa harus meninggalkan tugas utama saya sebagai seorang istri dan ibu.

Blogging menjadi pilihan saya karena selain ada proses kreatif untuk membuat konten, ada fase mengumpulkan informasi dan mengolahnya agar menjadi tulisan yang nyaman dibaca. Namun, ketika bergabung dengan Blogspedia Coaching, saya tersadar akan banyak hal bahwa blogging bukanlah proses yang sederhana.

Begitu dinyatakan lolos seleksi pendaftaran dan mulai mengenal peserta lainnya, sempat merasa minder. Apalagi beberapa teman sudah memiliki blog dengan domain sendiri, tidak sedikit pula yang sudah menghasilkan karya dalam bentuk buku.

Sebagai orang yang tidak punya pengalaman di bidang kepenulisan dan blogging, terbesit pikiran apakah saya akan bisa mengikuti coaching ini sampai akhir? Tapi, mengingat Blogspedia Coaching belajar tentang cara menjadi blogger pemula agar bisa profesional, bismillah saya memantapkan diri untuk bisa mengikuti setiap prosesnya.

Sambil terus berusaha meyakinkan diri, dari hari ke hari ternyata ada peningkatan juga. Yang awalnya Tim Cinderella alias ngumpulin tugas mepet deadline, lama kelamaan bisa lebih awal karena jadi lebih menikmati prosesnya dan paham polanya.

Alasan Mengikuti Blogspedia Coaching Batch #3

alasan mengikuti blogspedia coaching
Sebenarnya saya sudah mengenal blogging sejak tahun 2010 melalui platform wordpress dan hanya menulis sekenanya saja. Itupun kadang-kadang saja dan akhirnya dibiarkan bersarang tanpa ada tulisan lagi selama beberapa tahun lamanya.

Mulai muncul keinginan lagi buat ngeblog, akhirnya saya belajar otodidak. Kemudian, mempertimbangkan untuk memilih platform antara blogspot dan wordpress hanya dengan bekal menyimak tutorial di youtube.

Merasa butuh guru, saya pun berkelana kesana kemari mencari info kelas blogging. Sebenarnya ada banyak sekali yang menyelenggarakan, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Tapi, entah kenapa belum ada yang klik di hati hingga akhirnya bertemu Blogspedia. Berikut beberapa alasan yang membuat saya mantab mengikuti Blogspedia Coaching.

1. Syarat yang dirasa sesuai

Ketika tau pendaftaran Blogspedia Coaching dibuka, saya langsung melihat persyaratan yang ditentukan. Meski di dalam syaratnya sudah ada peringatan bahwa tidak mom friendly karena penuh deadline dan tugas, saya pun mulai tergambar konsekuensi seperti apa yang akan terjadi jika mengikuti kelas ini.

Secara spesifik ditujukan buat newbie, bahkan untuk yang belum bisa bikin blog sama sekali, membuat saya lega. Artinya, saya memenuhi syarat ini karena memang benar-benar cupu dan belum berpengalaman di platform blogspot.

Yang bikin saya nyaman lagi dengan persyaratannya adalah ada poin harus izin suami bagi yang sudah berstatus istri. Meski pastinya tanpa dibuat syarat pun akan tetap izin, tapi dengan poin ini saya makin yakin untuk daftar.

2. Materi Lengkap

Blogspedia coaching memang ditujukan bagi siapa saja yang ini belajar cara menjadi blogger pemula. Materi yang disajikan sangat lengkap dan terstruktur. Bukan hanya soal blogging, tapi peserta juga diajak untuk mengenali the big why dan adab blogging.

Materi seputar blog pun sangat lengkap. Mulai dari pembuatan, mengenal fitur-fiturnya, permak tampilan sederhana, ganti template yang SEO friendly, hingga memasang Top Level Domain (TLD). Tidak hanya dalam bentuk PDF dan artikel, tapi juga ada video materi.

Kalau biasanya orang akan mengutamakan tampilan blog biar cantik dan estetik, dari materi coaching ini juga disadarkan tentang betapa pentingnya artikel yang berkualitas itu agar mudah dikenali google dan ditemukan oleh target pembaca.

3. Kelas gratis

Siapa sih yang tidak suka gratisan? Begitu baca di persyaratan bahwa kelas ini tidak dipungut biaya sepeserpun, saya pun semakin mantap buat ikut. Apalagi dengan materi sedetail itu. Kita cukup menyediakan dana untuk membeli domain.

4. Penyelenggara yang terpercaya

Awal mula saya mengenal Blogspedia Coaching ini dari postingan teman yang mengikuti coaching sesi sebelumnya. Melihat setiap proses dan karyanya yang dishare, saya jadi tertarik mencari tau tentang Blogspedia.

Dari setiap artikel yang diunggah saja sudah memperlihatkan kualitas blognya. Ditambah lagi waktu mengintip blog Mbak Marita selaku penyelenggaranya yang sudah menghasilkan banyak artikel bahkan memenangkan beberapa kali kompetisi blog.

5. Ada tugas yang mengikat

Sebagai orang yang sudah lama tidak berkutat dengan dunia blog dan tulis menulis, pasti perlu banyak motivasi agar bisa konsisten. Adanya tugas yang mengikat di setiap sesi materi dan jika tidak berhasil mengumpulkan sebelum deadline berakhir bakal dikeluarkan dari grup kelas, menjadi motivasi tersendiri bagi saya.

Meski tidak jarang begadang atau mengorbankan waktu untuk bersantai, tapi dengan tugas ini pun saya terpacu untuk semakin produktif. Setidaknya jadi pemanasan sebelum akhirnya terjun langsung di dunia blogging.

Manfaat Mengikuti Blogspedia Coaching

manfaat mengikuti blogspedia coaching
Setelah mengikuti serangkaian proses coaching, saya merasakan sekali banyak manfaat yang didapat. Tidak hanya seputar belajar ngeblog, tapi juga pembelajaran bagi kehidupan. Baik itu dari proses yang dilalui maupun interaksi dengan orang-orang yang terlibat selama mengikuti kelas. Manfaat yang saya dapatkan diantaranya:

1. Semakin mengenali diri sendiri

Ada hal-hal yang sebelumnya tidak saya sadari bahwa saya memilikinya atau bisa melakukannya. Seperti kemampuan menulis yang sebelumnya hanya sebatas di whatsapp status atau IG story.

Tapi, dengan mengikuti Blogspedia Coaching, ternyata saya bisa menulis lebih dari 1000 kata dalam waktu yang relatif singkat dibanding sebelumnya. Mungkin, pengalaman menulis panjang saya hanya pada skripsi dan jurnal ilmiah.

2. Belajar untuk fokus dan bersabar

Berproses memang butuh fokus dan kesabaran ekstra. Setidaknya seperti itulah yang saya rasakan selama coaching ini. Kadang ada distraksi yang membuat saya hampir goyah, atau merasa sudah mengetahui satu hal, jadi ingin segera pindah ke hal lainnya.

Contoh sederhana yang saya alami, ketika berhasil membuat blog dan menulis beberapa artikel, rasanya gatal sekali ingin segera ganti template. Padahal belum waktunya materi tentang mengubah tampilan blog. Tapi ternyata, begitu pasang template pihak ketiga, tantangannya wow juga…

3. Memacu untuk terus produktif

Dengan mengikuti blogspedia coaching, saya jadi punya wadah dan gambaran agar bisa tetap produktif. Seperti selama proses coaching yang berhasil memaksa saya membuat 2 artikel tiap pekannya, saya pun menemukan pola yang tepat untuk lebih produktif ke depannya.

Dari yang semula terpaksa demi bisa bertahan di kelas, lama-lama terbiasa dan kini nyaman dengan pola tersebut. Sehingga saya putuskan dalam content plan yang buat untuk bisa menulis artikel 2x dalam sepekan.

4. Belajar manajemen diri yang lebih baik

Salah satu yang betul-betul saya rasakan selama 3 bulan mengikuti Blogspedia Coaching, adalah tentang manajemen diri dan pengaturan waktu agar tidak melalaikan tugas utama di rumah. Meski tetap saja keteteran, tapi berkat komunikasi dan izin suami, saya pun belajar bagaimana agar proses ini tidak mengganggu satu sama lain.

5. Mengasah jiwa pembelajar

Saya sangat suka dengan semangat yang selalu dibawa Mbak Marita atas alasan kenapa disebut cupuers? Agar terus merasa cupu dan mau terus belajar meski sudah menjadi blogger profesional sekalipun.

Dari situlah, selama coaching saya menemukan banyak hal yang bisa dipelajari. Saya juga belajar dari teman-teman lainnya yang luar biasa hebatnya dalam menjaga semangat belajar selama mengikuti kelas.

6. Melatih diri untuk lebih bertanggung jawab dan konsisten

Tugas dan ketentuannya, serta deadline yang diberikan selama ini setidaknya mampu melatih diri agar bisa lebih bertanggung jawab pada pilihan untuk mengikuti kelas. Jika mau, karena merasa setiap materi dan tugasnya adalah beban, mungkin saya bisa saja membiarkannya tidak dikerjakan dan didepak dari grup.

Tapi, begitu dinyatakan lolos, maka saya harus bertanggung jawab pada pilihan sendiri ketika mendaftar dan konsisten menjaga semangat belajar agar bisa bertahan sampai akhir masa pelatihan.

7. Belajar saling menghargai

Barangkali, salah satu hal yang akan saya rindukan dari Blogspedia Coaching Batch #3 adalah blogwalking. Meski awalnya blogwalking adalah tugas, tapi lama kelamaan saya mulai terbiasa menikmati tulisan teman-teman.

Dari setiap tulisan yang dibuat, barangkali ada hal-hal yang tidak sesuai dengan diri kita. Atau selama interaksi antar sesama peserta maupun para coaches di grup pun tidak luput dari guyon. Tapi, dari sinilah rasa saling menghargai yang mungkin tidak ditampakkan, namun selalu ada di antara kami.

8. Menambah wawasan

Selain dari materi yang memang sangat berguna untuk blogger pemula, berkunjung ke tulisan yang teman-teman buat juga menambah banyak wawasan. Banyak hal baru yang saya pelajari, atau bahkan sebelumnya belum pernah tau sama sekali menjadi semakin penasaran ingin mendalaminya.

9. Menguatkan bekal untuk lebih bermanfaat

Hal lain yang tidak bosan-bosannya Mbak Marita tekankan adalah jika ngeblog itu untuk menebar manfaat, maka harus dibarengi dengan artikel yang berkualitas. Dari setiap materi yang didapat, saya semakin termotivasi untuk menghasilkan tulisan yang bisa dijangkau lebih banyak orang.

10. Meluaskan jejaring

Selain menambah pertemanan antar peserta dengan para pengajar, juga dikenalkan dengan banyak komunitas blogger yang bisa diikuti. Karena memang salah satu yang perlu dilakukan agar bisa konsisten ngeblog adalah dengan berjejaring.

Ingin Lebih Produktif? Yuk, Ikutan Blogspedia Coaching!

Kadang kala, sebagai seorang ibu rumah tangga saya bingung bagaimana agar lebih produktif dan melakukan hal-hal menyenangkan yang punya nilai manfaat. Terpikirlah untuk serius blogging, dengan menulis artikel yang tidak hanya asal tulis.

Beruntungnya, saya dipertemukan dengan Blogspedia Coaching, salah satu tempat saya bertumbuh dan menumbuhkan diri. Barangkali, jika tidak ikut kelas ini, www.ufiebanaty.com hanyalah angan-angan belaka tanpa terealisasi.

Bagi teman-teman yang masih bingung gimana caranya agar lebih produktif? Atau yang sudah sering ngeblog tapi belum maksimal dan ingin cari kelas ngeblog gratis. Yuk, ikutan Blogspedia Coaching. Semoga dari manfaat yang saya rasakan, bisa menguatkan teman-teman yang ingin bergabung.

Tips Mengikuti Blogspedia Coaching Agar Lolos Sampai Akhir

tips lolos blogspedia coaching sampai akhir
Biar semakin yakin buat ikut, saya bagikan tips agar bisa bertahan mengikuti setiap prosesnya. Tips ini sekaligus jadi reminder buat saya pribadi, kalau suatu saat nanti kendor semangat ngeblognya.

1. Perkuat niat dan doa

Tanpa niat yang kuat dan diiringi doa, apapun yang dilakukan akan sia-sia, jadi gampang menyerah, dan tidak terarah. So, jangan lupa luruskan niat sambil perkuat dengan doa biar setiap prosesnya membawa keberkahan.

2. Komunikasikan dengan Pasangan

Buat yang sudah menikah, sebagaimana yang disyaratkan, izin dengan pasangan ini penting banget. Apalagi nanti kalau sudah berkaitan dengan tugas dan deadline, belum lagi one day one post. Kerjasama dan komunikasi yang baik akan sangat membantu mengerjakan tugas dengan tenang.

3. Pelajari Seputar Blogspedia Coaching

Sebelum memutuskan mendaftar, ada baiknya mempelajari blogspedia coaching. Bisa langsung kepo di blognya atau bertanya pada teman yang sudah pernah mengikuti. Biar ada gambaran detailnya seperti apa kelas yang bakal diikuti.

4. Petakan Kemampuan Diri

Nah, setelah mengantongi informasi seputar Blogspedia Coaching, saatnya lihat ada kekuatan dan kemampuan diri sendiri. Dengan kapasitas yang dipunya, yakinkah mau ikut? Jangan ikut kelasnya cuma buat coba-coba ya…

5. Buat Jadwal Harian

Kalau sudah punya gambaran kelasnya akan seperti apa dan tau kemampuan diri, boleh dibuat jadwal harian dan pengingatnya. Meskipun nantinya bakal ada reminder di grup kelas, google classroom, dan email, ada baiknya buat jadwal sendiri yang disesuaikan dengan aktivitas harian kita.

6. Sediakan Perlengkapan Pendukung

Mau pakai HP maupun laptop, berdasarkan pengalaman pribadi, saya menyiapkan beberapa tools buat memudahkan mengerjakan setiap tugasnya. Ada google docs yang bisa diakses online maupun offline dan bisa dipakai di laptop maupun HP, canva untuk membuat infografis, serta extension yang bakal dikasih tau saat coaching nanti.

Jangan lupa sematkan di chrome, tambahkan sekalian google classroom, blogger, dan whatsapp web bagi yang pakai laptop. Biar lebih praktis kalau perlu dibuka cepat.

7. Perhatikan Setiap Detail Tugas

Baca baik-baik ketentuan dari setiap tugas. Jangan sampai sudah selesai ngerjain, tapi ada yang tidak sesuai dengan kriteria. Salah satu yang sering terjadi karena darurat membaca.

8. Jangan Malu Bertanya

Kalau ada yang bingung baik materi atau tugas, bisa bertanya dengan para coaches atau sesama peserta. Gunakan kesempatan sebaik-baiknya.

9. Pantengin Terus Whatsapp Group

Biasanya, whatsapp jadi tempat buat tanya-jawab, saling berbagi info dan tips. Sekalipun sudah ketinggalan ratusan chats, jangan malas scrolling agar tidak terlewat info penting.

10. Blogwalking

Awal-awal mau ngerjain tugas, bingung mau mulai dari mana dan kira-kira yang diminta seperti apa. Bisa cari referensi dengan blogwalking dan baca tulisan-tulisan alumni Blogspedia Coaching sebelumnya. Bahakan, kalau cari di google dengan mengetikkan judul materi, biasanya akan muncul tulisan para alumni. Keren yaaa mereka…

Penutup

Tanpa terasa 3 bulan sudah mengikuti Blogspedia Coaching Batch #3. Bisa membuat tulisan ini ada lega ada sedih juga. Lega karena bisa mengikuti sampai akhir, sedih karena bakal kangen rutinitas ngintip classroom menanti materi dan tugas, nyimak keseruan percakapan di whastapp, dan ngelist tugas lanjut blogwalking.

Namun, meski kelas ini telah berakhir, justru perjalanan ngeblog yang lebih serius baru saja dimulai. Atas apa yang saya lalui sampai detik ini hingga kelak, Blogspedia Coaching akan selalu terkenang sebagai tempat pertama untuk bertumbuh menjadi blogger profesional.




Referensi:
https://www.blogspedia.my.id/tentang-blogspedia/
https://www.blogspedia.my.id/jasa/
https://www.maritaningtyas.com/2022/06/internet-menyatukan-indonesia.html



Related Posts

4 komentar

  1. Semangat! Terus upgrade kemampuan ngeblognya. Tulisannya udah oke banget ini. Asah dengan ikut berbagai lomba.

    BalasHapus
  2. Wah alasannya sama kaya aku mbak. Setuju bgt kita juga butuh berkembang agar jadi partner diskusi buat suami dan anak yaa. Anw, kita jalur masuk kelas nya beda hehe.

    BalasHapus
  3. Ini tipsnya mantaps banget mba. Bener ini mba kelasbsudah berakhir tp sesungguhnya perjalan ngeblog baru dimulai. Eh kayak anak kuliah selesai wisuda ya

    BalasHapus
  4. Semoga setelah kelas blog ini berakhir, kita tetap konsisten posting-nya, ya, Mbak.

    BalasHapus

Posting Komentar