header blog terbaru

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City yang Berkelanjutan

Posting Komentar
sinar mas land kembangkan konsep livable city
Indonesia diproyeksikan akan mengalami puncak bonus demografi antara tahun 2020-2030. Dengan jumlah angka tenaga kerja produktif yang tinggi, menjadi modal besar untuk kemajuan dan kemakmuran negara.

Namun, peluang tersebut harus diimbangi dengan ketersediaan infrastruktur dan fasilitas yang memadai. Salah satunya adalah keberadaan kota layak huni atau livable city untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Sebab, kota merupakan tempat tinggal bagi mayoritas penduduk dunia. Pada tahun 2050, diperkirakan sekitar 68% dari populasi dunia lebih memilih tinggal di perkotaan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan terwujudnya kota layak huni bagi semua, termasuk di Indonesia.

Menurut Kementerian PUPR, kota layak huni adalah kota yang memiliki daya dukung bagi aktivitas warganya. Memiliki tata ruang yang mampu menjamin seluruh aktivitas sosial-ekonomi masyarakat dapat berlangsung secara mudah, terjangkau, dan efisien, serta memiliki prasarana yang cukup dan dapat membangun jati diri masyarakat yang tinggal di dalamnya.

 

Berdasarkan survei tim Economist Intelligence Unit (EIU) pada tahun 2023, Indonesia yang diwakili oleh Jakarta menduduki peringkat 139 dari 173 kota di berbagai negara dalam kategori kota layak huni secara global. Peringkat ini mengalami kenaikan sebesar 14 peringkat dari tahun sebelumnya, dengan perolehan skor 60,4 dari 100.

Penilaian tersebut mempertimbangkan beberapa faktor seperti stabilitas, kesehatan, budaya, lingkungan, pendidikan, dan infrastruktur. Di sisi lain, beberapa kota di Indonesia berhasil meningkatkan indeks kota layak huni. Seperti Kota Solo yang berhasil meraih predikat kota paling layak huni di Indonesia pada tahun 2022.

Saat ini, Indonesia bersama seluruh bangsa di dunia sedang berupaya mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Salah satu target yang harus dipenuhi adalah membangun kota dan pemukiman yang inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan.

Di sisi lain, selama kurun waktu 10 tahun terakhir terjadi peningkatan kesadaran akan pentingnya kota layak huni di Indonesia. Hal ini ditandai dengan masyarakat yang mulai melirik klaster perumahan yang nyaman dan berkelanjutan.

Untuk menjawab kebutuhan sekaligus mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, diperlukan kerjasama dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, swasta, dan masyarakat. Pemerintah perlu membuat kebijakan yang mendukung pembangunan kota layak huni.

Pihak swasta bisa dengan berinvestasi dalam pembangunan infrastruktur dan layanan tempat tinggal. Sementara masyarakat dapat berperan aktif dalam menjaga lingkungan hunian dan menggunakan sumber daya alam secara bertanggung jawab.

Upaya Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City di Indonesia

BSD Green Office Park
Sebagai pihak swasta dan salah satu pengembang properti terbaik di Indonesia, Sinar Mas Land kembangkan konsep livable city untuk mewujudkan perumahan layak huni yang menjadi kebutuhan masyarakat. Perusahaan yang telah beroperasi selama 50 tahun ini, terus berkomitmen untuk bisa beradaptasi dengan perubahan zaman dalam menyediakan hunian berkualitas.

Hal tersebut dibuktikan dengan pengembangan livable city yang menerapkan 4 pilar berikut sebagai konsep pengembangannya:
  • Live - mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan hidup masyarakat, seperti: hunian, pusat perbelanjaan, ruang publik, akses jalan, dan keamanan.
  • Learn - mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan pendidikan masyarakat, seperti: sekolah formal, sekolah vokasional, sekolah dasar hingga atas, serta universitas nasional dan internasional.
  • Work - mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan profesional dan lapangan kerja, seperti: pusat perkantoran, green office, kota industry, serta area komersial.
  • Play - mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan emosional dan rekreasi masyarakat, seperti: pusat olahraga, taman rekreasi, exhibition halls, hingga pusat kuliner.

Melihat dari pilar tersebut, terlihat bahwa Sinar Mas Land bukan sekedar menyediakan hunian berkualitas tapi juga mengedepankan inovasi. Kehadiran Sinar Mas Land juga mampu menjawab kebutuhan para milenial dan profesional muda yang kini mulai terliterasi secara keuangan dan cenderung lebih selektif perihal hunian.

Dengan inovasi yang lebih memperhatikan aspek keberlanjutan, Sinar Mas Land mencoba meluaskan pengembangan di beberapa kota di Indonesia untuk mendukung pemerataan pembangunan. Sebut saja Kota Wisata Cibubur, The Nove Nuvasa Bay sebagai hunian mewah dekat pantai di Batam, Klaska Residence apartemen bernuansa resort di Surabaya, Grand City Balikpapan yang dekat dengan IKN.

Bisnis properti merupakan salah satu sektor yang berkontribusi cukup besar pada emisi karbon global. Oleh karena itu, saat ini Sinar Mas Land kembangkan konsep livable city yang lebih ramah lingkungan.

Bahkan sebelum prinsip ESG (Environmental, Social, Governance) diterapkan di Indonesia, Sinar Mas Land telah mengimplementasikannya dalam pengembangan produk properti yang lebih sedikit melepas emisi. Secara konsisten, Sinar Mas Land mendukung penuh komitmen pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 dan telah mengantongi Renewable Energy Certificate (REC) dari PT. PLN (Persero). Semakin mengukuhkan diri sebagai pionir perusahaan properti yang memanfaatkan energi hijau.

BSD City, Mega Proyek Sinar Mas Land Sebagai Wajah Kota Layak Huni di Indonesia

BSD City kota layak huni berkelanjutan
Salah satu bukti nyata sebagai perusahaan properti terbaik di Indonesia adalah keberadaan Bumi Serpong Damai atau BSD City yang merupakan mega proyek Sinar Mas Land. Didirikan sejak tahun 1984, kini telah menjadi lokasi tinggal impian banyak orang sekaligus ikon Kota Tangerang Selatan.

Sejak diakuisisi oleh Sinar Mas Land pada tahun 2003, BSD City menjelma menjadi kota mandiri yang ramah lingkungan. Terdiri dari proyek perumahan, pusat kota komersial dan kawasan pusat bisnis, dengan luas keseluruhan 5.950 hektar.

Tidak heran jika pada akhirnya termasuk dalam jajaran proyek Sinar Mas Land dengan infrastruktur kelas satu dan fasilitas terlengkap. Dilengkapi dengan perumahan dan apartemen berkualitas terbaik, budaya yang mendukung bisnis, tim manajemen profesional yang berkomitmen sama baiknya kepada warga maupun pemegang saham.

Untuk mendukung visi keberlanjutan, pengembangan BSD City didasarkan pada 4 pilar yang selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu:

1. Perusahaan Properti yang Terbaik

BSD City dikembangkan dengan menyediakan produk, fasilitas dan layanan mutakhir dengan kualitas terbaik untuk menjamin kesejahteraan generasi sekarang dan mendatang. Hal ini sejalan dengan tujuan pengembangan berkelanjutan dalam mengupayakan kehidupan sehat dan sejahtera, energi bersih dan terjangkau, pengembangan industri dan Infrastruktur, serta kota dan permukiman berkelanjutan.

Untuk implementasinya, diterapkan dengan menyediakan lebih dari 130 perumahan yang beragam desain, beberapa apartemen dengan nuansa hijau, 11 pusat perbelanjaan dengan berbagai konsep, akses transportasi yang mudah dijangkau, serta keberadaan rumah sakit dan lembaga pendidikan bertaraf internasional. Ditambah pula dengan beragam pilihan wisata dari yang edukatif hingga kawasan olahraga ekstrem.

2. Perubahan Iklim dan Lingkungan

Komitmen Sinar Mas Land kembangkan konsep livable city yang ramah lingkungan, ditunjukkan dengan optimalisasi operasional bangunan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih. Hal ini menjadi salah satu cara berkontribusi positif terhadap komitmen Indonesia dalam Perjanjian Iklim Paris pada pengembangan BSD City.

Seperti menyediakan 400 hektar area untuk lahan penghijauan, Water Treatment Plan (WTP) yang dapat mengolah air baku terkontaminasi menjadi air layak konsumsi, serta menerapkan Sewerage System untuk menampung dan mendaur ulang air kotor menjadi air bersih non konsumsi.

3. Pelayanan Masyarakat yang Berkelanjutan

Sebagai bagian dari komitmen memakmurkan masyarakat Indonesia, pengembangan BSD City membuka peluang terciptanya lapangan kerja baru. Lebih dari itu, bukan hanya kepada penghuninya saja, tapi juga berkontribusi bagi masyarakat sekitar pembangunan dengan menyediakan beasiswa, menyelenggarakan Sekolah Pasar Rakyat, serta melibatkan berbagai pihak dalam kegiatan berbasis desa.

Hal tersebut sejalan dengan tujuan SDGs untuk pendidikan berkualitas, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta berkurangnya kesenjangan. Secara aktif, keberadaan BSD City tidak hanya mengembangkan properti, namun juga membangun mindset dan budaya masyarakat ke arah yang lebih baik.

4. Dukungan Terhadap Pendidikan

Di area BSD City, terdapat 42 satuan pendidikan mulai dari prasekolah hingga universitas yang bertaraf nasional maupun internasional. Ditambah pula keberadaan wisata edukasi seperti Froggy Edutography dan Motomo Museum yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan dari sektor non formal.

Dengan fasilitas yang ada, BSD City menjadi ruang bagi setiap orang untuk mendapatkan akses yang sama terhadap ekosistem pendidikan. Hal ini selaras dengan target tujuan pendidikan berkualitas bagi semua untuk mengupayakan pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi dengan lebih optimal.

QBIG BSD City
Sinar Mas Land telah banyak mendapatkan penghargaan. Salah satunya Best Sustainable Developer (Country Winner) dalam Asia Property Awards 2022 untuk PT. Bumi Serpong Damai Tbk. Bahkan, belum lama ini QBig sebagai salah satu komplek ritel di BSD City, meraih penghargaan ASEAN Energy Awards (AEA) 2023 kategori ASEAN Energy Efficiency and Conservation Best Practices Awards.

Kemudahan akses terhadap fasilitas kesehatan, sekolah, pusat perbelanjaan dan rekreasi, serta ruang terbuka hijau menjadikan BSD City sebagai kota layak huni yang inklusif dan berkelanjutan. Wajar jika lokasi ini menjadi incaran para pencari properti maupun investor.

Urgensi keberadaan kota layak huni kini semakin tinggi seiring dengan peningkatan jumlah masyarakat. Bukan sekedar untuk tinggal, namun kota yang menyediakan lingkungan yang aman, nyaman, dan berkelanjutan adalah impian bagi semua penduduknya.



Sinar Mas Land kembangkan konsep livable city sebagai untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang sejalan dengan tantangan zaman. Salah satunya proyek BSD City yang telah menjelma jadi wilayah berstandar internasional dengan memastikan nilai kelayakan, memperhatikan aspek keberlanjutan, dan terintegrasi dengan teknologi.

Kini, mewujudkan hunian berkualitas bukan sekedar mimpi belaka. Konsistensi Sinar Mas Land dalam mengembangkan livable city adalah sebuah kabar baik bagi Indonesia untuk meningkatkan nilai indeks kota layak huni dan mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan.





Referensi:
  1. Laporan Keberlanjutan BSD City 2021 “Bangkit Menghadapi Tantangan”
  2. https://www.sinarmasland.com/wvc2023?utm_source=ArtikelTempo&utm_medium=TEMPO&utm_campaign=Tempo_WVC2023 diakses pada tanggal 1 November 2023 pukul 21.30
  3. https://www.handalselaras.com/seberapa-layak-huni-kota-kota-di-indonesia/ diakses pada tanggal 1 November 2023 pukul 22.00
  4. https://www.huni.id/blog/abcd-tentang-bsd-city diakses pada tanggal 2 November 2023 pukul 20.30
  5. https://www.pwc.com/id/en/media-centre/pwc-in-news/2023/indonesian/dampak-esg-terhadap-sektor-properti-sinar-mas-land-kembangkan-produk-ramah-lingkungan.html diakses pada tanggal 2 November pukul 21.15


Related Posts

Posting Komentar